Top, Bottom, Equality.

Gue bottom, maka gue harus dimanja, disayangin, dijaga, dicium, dipeluk, dingertiin, diperhatiin, dibayarin makan, dibayarin nonton, dibeliin tiket pesawat, dibayarin nginep di hotel, layaknya cewek.

Gue top, maka kelakuan gue harus layaknya cowok straight, ngejaga, ngemanja, ngasih perhatian, ngertiin, bayarin nonton, bayarin makan, beliin tiket pesawat dan bayarin hotel kalau travel.

Mindset itu ada di gue jaman SMA, jaman baru meletek, kinyis-kinyis, jaman gue baru tau kalo Freddie Mercury itu gay dan jaman gue cuma tau kalo seleb gay Indonesia itu sebatas KM, BT, IB, BA dan om-om owner management artis itu doang.

Beberapa temen gue punya gaya pacaran lawas kaya yang gue sebut. Si top musti protect banget si bottom, manggil botty-nya “boen”, beliin segala macem yang si botty mau padahal idup dia pas-pasan, mau aja kalo si botty aturin gaji bulanan layaknya istri halal dan mungkin wajib cebokin dia tiap abis seks.

Buat gue, mindset itu jauh dari kata menyenangkan. Mantan gue umurnya lebih muda dua tahun. Gue yang waktu itu SMA dan pas-pasan musti bayarin dia segala macam, padahal finansial dia jauh lebih oke daripada gue.

Jaman PDKT sama pacar sekarang, gue mulai biasain bahwa dia gak perlu bayarin gue ini itu, kita bisa bayar masing-masing, gak perlu repot, gak perlu jadi beban dan tinggal happy bareng-bareng.

Buat gue, jadi top itu gak musti ngelakuin layaknya laki-laki di dalam pasangan hetero lagi pacaran. Lain halnya para botty, kok gak kepikiran sih kalo pasangan lo secepetnya bisa kabur karena tuntutan lo yang banyak?

As a top, mereka pun pengin dimanja kok, pengin dapet perhatian, dijaga, dingertiin dan punya pacar layaknya laki seutuhnya. As a bottom, kita gak perlu banyak nuntut dan gak musti jadi “cewek” dalam hubungan.

Tiap couple emang punya gaya pacaran yang beda. Ada yang lawas dan ada yang modern. Menurut pengalaman gue yang belum banyak menyelami lautan kehidupan gay dengan sepenuhnya ini, gue gak mau dilakuin macam temen gay gue diatas, karena gue cowok, punya kerjaan, cukup mandiri dan pengalaman gue jaman SMA dulu lumayan nge-BT-in.

Buat mulai kesetaraan dalam hubungan ini emang lumayan susah, apalagi kalo mindset lo masih nyangka kalo top itu musti jadi cowok dan bottom itu sebagai cewe. Tapi, gue memulainya dari jaman PDKT, jadi sekarang gw pikir udah berhasil.

Perlu lo tau, para top kebanyakan cari pacar bottom yang punya kelakukan dan cara pikir layaknya cowok, diluar dari tipe yang doyannya cowok imut ala artis Korea. Bottom pun gitu, gak semuanya doyan dimanja, dibayarin dan selalu diperhatiin.

Sebelum lo nuntut kesetaraan gay sama NKRI, baiknya adopsi dulu kesetaraan di dalam hubungan percintaan lo, menurut gue, ya!

Leave a Reply

