Discreet Identity

timthumb

Lu ngerasa discreet? Tapi gue liat aktif banget di Grindr dan JackD, pasang foto setengah muka yang gampang banget buat diidentifikasi.

Di Instagram sama, lu doyan posting foto shirtless, pamer otot yang gak terlalu tebel, tiap hari rajin like + follow akun cowo.

Jadi, konsep discreet yang lu anut itu apa? Gue heran sama orang yang mati-matian gak mau open, tapi aktif banget di socmed buat nunjukin bahwa lu GAY!

Buat gue, discreet emang nikmatin orientasi seksual bareng cowo. Tapinya, lu musti jago nutupin semua hal berbau gay, termasuk gak pake segala macem aplikasi gay, posting-posting hal berbau gay, sembunyiin sisi feminin dalem-dalem, gak random buat gatel ama laki.

Di lingkungan gue, ada banyak penganut discreet, emang beneran discreet, tapi banyak yang gak ngerti konsep discreet sama sekali.

Tahun lalu, gue deket sama cowo, anak Instagram yang aktif posting-posting foto shirtless, rajin interaksi sama followers gay, pake segala macam aplikasi chatting khusus gay dan banyak pengalaman pacaran sama cowo.

Gue pun nanya level ke-open-an dia sama lingkungannya, yang dia jawab discreet, ngakunya gak ada siapapun yang tau kalu dia gay, kecuali mantannya. Nyatanya, setiap dia posting foto selalu di komen sama gay-gay gatel, selalu dia jawab dengan ramah tamah.

Pemahaman gue, dia emang gak ngerti konsep discreet. Mungkin dia discreet di depan keluarganya doang, tapi gak bisa nyembunyiin dirinya di lingkungan sosial.

Baru-baru ini, pengalaman identik gue alamin. Di WeChat, gue di-add sama cowo, tampangnya gay banget, jauh lebih gay daripada gue. Dia selalu agresif tiap ngobrol, manja, maksa ngajak jalan, cerita kalo dia baru punya laki, tapi mau kawin sama cewe.

Ngakunya, kenalan gue ini pertama kali punya cowo, belum pernah seks, masih bingung soal orientasinya. Dia pun ngaku discreet, jelas-jelas aura dan tingkahnya gay banget, jauh dari kesan straight, ditambah sering ketemuan sama gay di tempat umum.

Discreet atau muna, apa yang dia anut gak bisa gue bedain. Yang jelas, sisi feminin dia kenceng banget, ngakunya mau kawin sama cewe dan masih bingung soal orientasi. Ceritanya cocok banget buat nambah bahan nyinyiran!

Jadi discreet, banyak hal yang perlu lu sembunyiin. Lu gak bisa gaul sama sembarangan gay, anti posting foto aroma gay, gak pake display picture sendiri di aplikasi chatting: intinya kurangin hal-hal yang jarang dilakuin straight.

Buat gue, konsep discreet beneran discreet ada di laki gue, yang kejadian di tiga tahun pertama pacaran, levelnya udah sampe ganggu. Dia punya banyak ketakutan, takut disangka gay sama lingkungan, disangka pacaran sama laki, lalu dijauhin, dicerca, dizalimi, dimaki. Tiap makan bareng, gue selalu turutin buat cari tempat sepi, yang kemungkinan kecil bakalan nemuin orang dikenal.

Paling parah, gue pernah cancel buat makan di satu kafe, gara-gara di tempat itu ada temennya. Gue pun rela pindah tempat, padahal udah dateng jauh. Itu gak seberapa, kita juga nyaris ga pernah mesra-mesraan lewat “chatting”, mungkin takut di hack sama developer aplikasi! Bego!

Gue akuin, laki gue punya aura gay yang kecil, beda sama discreet lain yang auranya kentel. Dia jalanin konsep discreet yang lumayan rapi, anti main sosial media, gak gampang kenalan sama gay, selalu berlaga ala single tiap di lingkungan straight, padahal udah pacaran sama cowo selama bertahun-tahun, termasuk mantan sebelumnya.

Jadi kebalikan gue, emang bikin gak nyaman. Tapi, alesan dia bisa gue terima: mayoritas tinggal di lingkungan straight yang nuntut jadi discreet, endingnya datengin banyak ketakutan kaga penting.

Banyak piknik, dia akhirnya tau. Titik baliknya, dia sering liat gay couple pas traveling di Bangkok, santai pacaran di publik, ngelakuin hal romantis bareng pasangannya. Ditambah, dia makin malesnya jawab pertanyaan orang-orang soal kawin, yang sebelumnya dia jawab buat nyenengin orang lain.

Suka gak suka, jadi gay di Indonesia nuntut kita buat discreet. Tapi, banyak orang gak paham konsep discreet, biki. kelakuan mereka jauh lebih liar daripada gay open.

Open atau discreet, sebodo amat! Yang jelas, gue lebih enjoy buat hubungan sama gay open, macam sekarang.

Serapi apapun nutupin orientasi seksual, yakin orang terdekat gak tau kalo lu gay? Mungkin mereka tau lu gay dari sebelum lu ngebokep pertama kali. Masih perlu confirm?

 

 

 

Leave a Reply

